SNMPTN dan SBMPTN GAGAL, JANGAN TAKUT





Ada yang tau kepanjangan SNMPTN? SNMPTN singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau bahasa jermannya  ‘Jalur Undangan’. Hanya sebagian besar sekolah yang terpilih mengikuti SNMPTN. Artinya tidak SMA se-Indonesia bisa ikut seleksi tersebut. Pasti kalian sangat ingin masuk jalur undangan itu kan? Pastinya, dulu aku pun berharap bisa lolos jalur undangan. Pada saat itu saya lulus SMA tahun 2015. Saya dulu sekolah di SMAN 4 MALANG, sekolah di kompleks tugu (anak Malang pasti tau). Itu loo yang sekolah yang deket sama SMA 1 dan 3 yang juga dikenal angker. Oke, sekarang aku mulai ceritanya.
Bingung milih jurusan? So pasti. Itu hal yang mutlak bagi siswa menjelang kelulusan. Apalagi campur sama bingung soal-sal try out, gak banget brooo. Kalau kalian juga bingung milih jurusan, ada tips nya. Mulai detik ini kalian harus eksplor dan tau minat dan bakat kalian. Nah, kalian jangan asal pilih jurusan lo ya. Nanti saya ceritakan di postingan berikutnya . Kalau kalian tingkat galau nya sudah tingkat dewa, masih bingung pilih jurusan apa padahal waktunya tinggal sedikit , kalian bisa sharing sama guru BK (Bimbingan Konseling) atau disarankan harus sharing dengan orangtua. Akhirnya saya bisa tau, apa yang aku pilih, yaitu Teknik Informatika di Universitas Brawijaya. Mengapa saya pilih itu? Soalnya saya suka sama hal-hal berbau komputer dan logika. Bagi kalian yang suka seperti saya, bisa pilih Teknik Informatika. Jurusan itu sudah jadi jurusan favorite anak jaman sekarang. Pilihan keduaku Sistem Informasi di UB juga. Akhirnya fix daftar online dan input nilai semester 1 sampai 5. Sudah berdoa dan berusaha deh pokoknya, dan saya optimis bisa masuk jurusan itu karena dalam angan anganku nilai TIK ku sudah baik dari pada mapel yang lain. Hari pengumumaaaan!!! Jeng jengg, rasanya kayak dieksekusi mati. Hasilnyaa, saya nggak diterima oleh kedua jurusan itu. Duh rasanya nyesek banget. Tapi ada lega nya, satu kelas yang diterima cuma anak 3. Berarti yang lain juga belum beruntung. Aneh juga temenku yang ranking 1 dan nilainya bagus bagus, nggak diterima juga sama perguruan tinggi. Masih punya cadangan jalur undangan nih, PMDK, jalur undangan dari Politeknik. Sama juga, nggak diterima. Oke masih ada SBMPTN, ujian tulis masuk PT. Jurusan nya sama, Teknik Informatika. Nggak keterima juga. Ikut SPMK, ujian tulis politeknik dengan jurusan yang sama, nggak keterima juga. Ini aku yang nggak pinter atau salah pilih jurusan. Sumpah, itu aku nangis gak karuan. Akhirnya orangtua ku mengijinkan aku ikut ujian mandiri. Aku nggak boleh nunggu satu tahun lagi. Ikut ujian mandiri di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dengan jurusan yang sama lagi, tidak lolos juga. Saya belum menyerah, akhirnya saya terbang ke ITS. Saya mengikuti ujian mandiri Desain. Saya juga suka seni. Nggak lolos jugaaa. Ya Allah tinggal pilihan terakhir, ujian mandiri politeknik dengan jurusan yang sama lagi, Teknik Informatika. Akhirnya, saya bisa masuk dan tanpa uang gedung yang berpuluh-puluh juta,cuma UKT doang. Sampai sujud syukur saya bisa diterima di Politeknik Negeri Malang dengan jurusan yang saya ingin kan.
Itu cerita saya guys, intinya gagal SNMPTN jangan sampai patah semangat. Masih banyak jalur lain. Jika jalur lain juga nggak lolos, jangan putus asa. Teruslah mencari perguruan tinggi swasta atau sekolah tinggi atau kedinasan. Insha Allah kalian dapet hikmah.

Komentar

Postingan Populer